Agar Sidang Skripsi Sukses, Perhatikan 5 Faktor Sidang Skripsi Berikut!

Lima hal berikut merupakan faktor-faktor penting agar sidang skripsi sukses. Karena setelah penyusunan laporan penelitian menjadi skripsi yang utuh, skripsi akan diuji dihadapan para dosen penguji. Momen ini disebut dengan sidang skripsi, sebuah momen yang sangat menentukan. Penelitian Anda akan diuji untuk mendapatkan gelar sarjana.

Dalam langkah metode ilmiah, hasil penelitian haruslah dikomunikasikan atau dipublikasikan sehingga bisa dipahami masyarakat dan lebih bermanfaat. Begitu juga skripsi, Anda juga harus mempresentasikan dan mempertanggungjawabkannya di depan para penguji ahli.

Agar Sidang Skripsi Sukses

5 Faktor Penentu Agar Sidang Skripsi Sukses

Setelah Anda berjuang agar skripsi cepat selesai, selanjutnya nasib laporan penelitian Anda ini akan ditentukan dalam sidang. Cek apa saja yang perlu Anda lakukan dan perlu Anda hindari, demi hasil sidang skripsi yang sukses. Barikut lima faktor utamanya.

1. Dosen Penguji

Cari tahu siapa dosen yang akan menguji skripsi Anda dan latar belakang beliau. Dari situ Anda bisa mendapatkan gambaran hal-hal apa yang akan menjadi fokus penguji. Termasuk pertanyaan seperti apa yang kira-kira yang akan diberikan. Anda juga dapat bertanya kepada kakak tingkat yang dulu pernah diuji oleh beliau jika memungkinkan.

Jangan meminta pergantian dosen penguji, sama sekali jangan. Anda tidak punya wewenang sama sekali untuk mengatur hal tersebut. Selain itu, meminta pergantian dosen penguji sangat tidak etis. Bisa jadi kabar Anda yang meminta pergantian didengar oleh beliau sendiri dan kemudian menimbulkan permasalahan baru.

2. Penampilan

Kenakanlah pakaian formal yang nyaman, sopan, bersih, dan rapih. Selain meningkatkan kepercayaan diri, penampilan yang baik membuat Anda terlihat mantap dan siap di hadapan dosen penguji.

Jangan berpenampilan seadanya yang mengesankan Anda tidak serius dan belum siap menghadapi sidang. Sebaliknya, jangan juga pakai sesuatu yang berlebihan juga yang justru membuat tidak nyaman. Misalnya, warna pakaian yang mencolok, aksesoris dan perhiasan berlebihan, sepatu kekecilan , dan hal-hal lain yang bisa menjadi pengganggu selama sidang.

3. Tipe Sidang

Beberapa perguruan tinggi mengizikan mahasiswa memilih jenis sidang skripsinya. Apakah sidang akan dilakukan secara tertutup hanya mahasiswa dan penguji, ataukah dilakukan secara terbuka disaksikan sesama mahasiswa. Pilih sesuai keyakinan dan tingkat kepercayaan diri Anda terhadap kemampuan dan kualitas skripsi.

Jangan memilih berdasarkan cerita teman, atau suruhan orang lain. Hal tersebut malah bisa menjadi ganjalan bagi kita saat sidang.

4. Presentasi Berkualitas Agar Sidang Skripsi Sukses

Lakukanlah latihan presentasi skripsi dan tanya jawab sidang. Mintalah bantuan teman Anda untuk melakukan simulasi sidang skripsi bersama-sama.

Jangan berusaha menghafalkan setiap kata dalam presentasi. Selain menguras energi dan pikiran, hal tersebut membuat Anda kurang leluasa untuk berimprovisasi. Terlebih jika ada distraksi di tengah sidang, bisa-bisa membuyarkan hafalan Anda di tengah sidang.

Siapkan juga media presentasi yang baik. Masukkan poin-poin penting penelitian Anda saja, jangan menyalin skripsi ke dalam media presentasi. Bicaralah dengan pelafalan yang jelas, intonasi yang pas, jangan terburu-buru. Jangan hanya berfokus pada slide presentasi tanpa memandang dosen penguji. Sampaikan dengan 

5. Sesi Tanya Jawab

Pastikan Anda percaya diri ketika menyampaikan isi skripsi dan menjawab pertanyaan. Ingat, di dunia ini hanya Anda yang paling tahu mengenai karya yang dibuat. Anda yang melakukan riset, survei, wawancara, dan eksplorasi.

Jangan panik saat dicecar pertanyaan oleh penguji dalam sidang. Jangan harap sidang skripsi berisi pujian, ya. Siapkan diri Anda menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang kadang terkesan menyudutkan. Jawab pertanyaan dengan argumen. Tetap hargai dosen penguji, berikan sanggahan dengan disertai fakta serta teori yang mendukung.

Jangan emosional ketika menjawab pertanyaan seperti nada bicara yang tinggi, eskpresi marah, bahkan berkaca-kaca sampai dengan menangis ketika menjawab pertanyaan. Janga juga memotong pembicaraan penguji. Penguji juga bisa merasa tidak dihargai atau mengira Anda kurang menguasai masalah.

Kontak Al-Ayaam Jasa Pembuatan Skripsi

Jika Anda sedang menyusun skripsi, Al-Ayaam menyediakan jasa pembuatan skripsi dan tesis berkualitas yang membuat Anda tenang dan nyaman mengahadapi sidang skripsi.