Agar Tesis Cepat Selesai, 7 Tips Agar Anda Lulus Tepat Waktu

Untuk memperoleh gelar magister maupun doktoral membutuhkan banyak pengorbanan, mulai dari waktu, tenaga, pikiran, maupun biaya. Sayangnya tidak sedikit mahasiswa pascasarjana banyak yang mengalami keterlambatan kelulusan akibat terganjal tesis maupun disertasi. Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk lulus pascasarjana tepat waktu dan mendapat nilai yang baik.

Agar Tesis Cepat Selesai

Tips Agar Tesis Cepat Selesai dan Lulus Tepat Waktu

Salah satu cara agar tesis cepat selesai yaitu dengan menghindari kesalahan dalam membuat tesis yang sudah pernah kita bahas sebelumnya. Hasilnya akan sangat efektif ketika diikuti dengan melakukan 7 langkah berikut dengan baik.

1. Tentukan Judul Tesis/ Disertasi

Sejak awal menempuh pendidikan pascasarjana magister maupun doktoral, mulailah ‘menyicil’ mencari ide judul tesis / disertasi. Kalaupun belum berupa judul yang utuh, minimal berupa variabel-variabel penelitian yang akan diangkat dalam tesis / disertasi nantinya. Faktanya, hampir semua mahasiwsa pascasarjana yang lulus tepat waktu sudah memiliki rencana judul tesis / disertasi sejak awal perkuliahan.

2. Kenali Dosen-Dosen Ahli di Bidangnya

Setelah menemukan rencana judul, berusahalah untuk mengenali dosen-dosen yang ahli di bidang terkait dengan rencana tesismu. Bangunlah komunikasi yang baik mulai awal perkuliahan dengan dosen tersebut. Bila perlu, sampaikan kepada dosen tersebut bahwa Anda tertarik melakukan penelitian lebih lanjut tentang hal yang terkait dengan bidang keahliannya.  Saran-saran dan pandangan dosen tersebut pasti akan sangat bermanfaat. Belum lagi jika beliau bersedia berbagi buku dan referensi tentang rencana tesis / disertasi Anda.

3. Selesaikan Proposal di Awal

Di sekolah pascasarjana, mata kuliah tentang proposal penelitian biasanya diberikan di semester awal. Mulai susun proposal penelitian Anda dengan sungguh-sungguh, dan niatkan untuk mengawali tesis bukan sekadar memenuhi tugas mata kuliah. Akan sangat berguna untuk menkonsultasikan proposal penelitian kepada dosen yang Anda prediksi akan menjadi pembimbing Anda.

4. Cari Banyak Referensi

Biasakan diri untuk berlama-lama mencari dan membaca referensi untuk mendukung penelitian Anda. Saat perkuliahan merupakan saat yang baik untuk mencari sumber rujukan sebanyak mungkin. Anda berada di lingkungan akademik yang mempunyai banyak referensi di perpustakaan yang bisa diakses secara gratis oleh mahasiswanya. Temukan minimal lima referensi yang mendukung dan tiga referensi yang menyangkal variabel dalam rencana penelitian Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam menyusun latar belakang penelitian yang kuat, menentukan research gap, dan tentu saja membuat Anda lebih cepat dalam menyusun tesis / disertasi.

5. Jalin Hubungan Baik dengan Pihak Terkait

Tesis atau disertasi bukan karya ilmiah yang bisa diselesaikan sendiri. Banyak pihak terkait dalam penyelesaiannya, seperti dosen pembimbing, subjek dan tempat penelitian, sampai dengan regulasi perguruan tinggi. Jalinlah hubungan yang harmonis kepada pihak-pihak tersebut. Misal penelitian Anda dilaksanakan di sebuah desa, maka mulai sekarang carilah informasi terkait desa tersebut sebanyak mungkin. Mulai jalin komunikasi yang baik dengan perangkat desanya, warganya, dan sebagainya.

6. Buat Kesepakatan Dengan Dosen Pembimbing

Sampaikan kepada dosen pembimbing bahwa Anda ingin lulus tepat waktu dan akan berusaha dengan sungguh-sungguh. Menyatakan kesungguhan dalam mengerjakan proyek penelitian dan menyusun karya ilmiah berarti membangun komitmen dengan diri sendiri dan dosen pembimbing. Ibarat sebuah kontrak atau janji yang harus dipenuhi sehingga memotivasi Anda untuk selalu menepatinya.

7. Buat Deadline, Agar Tesis Cepat Selesai

Bila perlu, tantanglah diri Anda dengan membuat deadline pribadi secara terperinci. Deadline ini akan mengingatkan Anda jika mulai merasa bosan dan lelah dalam menulis tesis / disertasi. Batasan waktu akan mendorong Anda bekerja lebih giat, melenyapkan gangguan-gangguan yang mengahmbat penulisan karya. Namun ingat, deadline ini juga haruslah realistis dan sesuai aturan kampus. Mulailah membuat rincian target bulanan, dan dengan sungguh-sungguh berusalahan memenuhi target itu.

Hubungi Jasa Skripsi dan Jurnal

Tesis merupakan kegiatan panjang yang membosankan dan melelahkan. Al-Ayam Biro Jasa Skripsi Semarang menyediakan jasa pembuatan tesis berkualitas. Kami membimbing Anda agar tesis cepat selesai dan menghasilkan karya berkualitas. Segera hubungi kami.