Cara Membuat Karya Tulis Ilmiah Bagian 1: Mukaddimah

Artikel cara membuat karya tulis ilmiah ini merupakan artikel seri pertama dari delapan seri untuk membantu Anda menjadi mahir dalam menulis sebuah karya ilmiah sampai mempublikasikan karya. Secara bertahap kami akan berbagi tentang cara menyusun latar belakang, metode, mengolah data, menyajikan data, merujuk referensi, kebahasaan, dan cara mempublikasikan karya ilmiah.

Cara Membuat Karya Tulis Ilmiah Bagian 1: Mukaddimah

Tentang Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah merupakan sebuah tulisan yang memuat ide, gagasan, kajian, atau permasalahan tertentu yang kemudian diselesaikan dan atau diuraikan dengan metode tertentu secara ilmiah. Secara ilmiah di sini artinya menggunakan metode penyelesaian, metode analisis, penjabaran atau penjelasan berdasarkan referensi ilmiah, serta hasilnya dapat didiskusikan atau diterima secara luas. Tulisan tersebut bertujuan untuk mempublikasikan atau menyampaikan ide, gagasan, kajian, atau permasalahan tertentu kepada khalayak ramai.

Banyak jenis karya tulis ilmiah yang bisa kita temukan, antara lain skripsi, tesis, disertasi, karya ilmiah populer, dan masih banyak lagi. Karya tulis yang telah kita susun biasanya akan didiskusikan di forum-forum ilmiah seperti sidang skripsi atau tesis, seminar, lokakarya, media masa cetak dan elektronik, atau dipublikasikan di penerbit jurnal sebagai bahan bacaan atau referensi karya selanjutnya. Artikel edisi spesial akhir tahun ini kami berfokus mengupas cara pembuatan karya tulis ilmiah ini untuk artikel jurnal dari mulai menyusun latar belakang sampai dengan mempublikasikan jurnal.

Cara Membuat Artikel Jurnal

Tidak setiap orang mampu membuat karya ilmiah yang baik, khususnya artikel jurnal karena hal ini membutuhkan kebiasaan dan pola pikir ilmiah dan kebiasaan menulis yang terus menerus dilatih. Orang yang terlatih membuat karya ilmiah biasanya memandang suatu permasalahan atau fenomena yang terjadi menggunakan kacamata ilmiah, sehingga suatu fenomena atau masalah dapat diselesaikan dengan baik tanpa kesimpulan yang berupa kebetulan atau pendapat pribadi tanpa diuji kebenarannya.

Artikel kali menjelaskan bagaimana cara membuat karya tulis ilmiah dengan mudah, dan tentu saja ilmiah. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat artikel jurnal dengan baik. Agar mudah dipahami, kami menyajikan tutorial cara membuat karya ilmiah ini menjadi delapan bagian.

  1. Bagian pertama: Mukaddimah
  2. Bagian kedua: Membuat Latar Belakang
  3. Bagian ketiga: Menentukan Metode Penelitian
  4. Bagian keempat: Menganalisis Data
  5. Bagian kelima: Menyajikan Data dan Menarik Kesimpulan
  6. Bagian keenam: Merujuk Pustaka
  7. Bagian ketujuh: Kebahasaan
  8. Bagian kedelapan: Mempublikasikan

Artikel ini merupakan bagian pertama yang menjelaskan tujuan dari seri artikel-artikel selanjutnya. Pada bagian kedua, kami akan berbagi bagaimana cara membuat latar belakang yang baik. Hal-hal apa saja yang perlu diuraikan dalam menyusun sebuah latar belakang masalah dan hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan.

Pada artikel ketiga nantinya kami akan berbagi bagaimana cara menentukan metode penelitian yang tepat sampai dengan bagaimana cara menuliskannya dalam artikel jurnal. Selanjutnya di artikel bagian keempat kami akan berbagi tentang bagaimana seharusnya kita menentukan metode analisis dan menuliskan analisis data pada artikel ilmiah kita. Berlanjut ke bagian kelima tentang penyajian data, kami akan bagikan cara menyajikan data secara lugas dan tetap menarik untuk dibaca sampai dengan cara menarik kesimpulan yang tepat pada bagian kelima.

Bagian keenam, tujuh, dan delapan merupakan bonus bagaimana cara mencari dan merujuk artikel jurnal tertentu sebagai referensi, bagaimana tata bahasa dan gaya bahasa yang tepat dalam menulis artikel jurnal, dan bagaimana cara mempublikasikan karya tulis ilmiah yang telah kita susun. Kami merasa penting untuk menyampaikan ketiga tutorial ini mengingat masih banyak kami menjumpai artikel-artikel atau karya ilmiah yang bahasanya tidak efektif, tidak lugas, dan cenderung bias. Kami juga menerima banyak keluhan klien kami bagaimana sulitnya melakukan citation sesuai format, dan banyak di antara mereka yang menjadi korban jurnal predator saat melakukan publikasi.

Demikian artikel mukaddimah cara membuat karya tulis ilmiah untuk keperluan publikasi jurnal dari kami. Kami akan melakukan pembaruan secara berkala seri artikel tutorial cara membuat karya tulis ilmiah ini. Silakan klik tautan bagian kedua dan seterusnya agar Anda mahir dalam membuat artikel jurnal berkualitas untuk keperluan publikasi ilmiah.

Hubungi Jasa Skripsi dan Jurnal

Jika Anda masih merasa kesulitan atau menginginkan jasa pembuatan karya ilmiah profesional dengan harga bersaing, silakan hubungi admin untuk mendapatkan bantuan. Amdin akan melayani semua pertanyaan terkait kebutuhan karya ilmiah Anda.