Cara Mendapatkan Pekerjaan Ala Milenial

Mendapatkan pekerjaan yang layak ialah impian nyaris semua orang, termasuk impian oleh mereka yang baru saja meenyelesaikan skripsi atau tesis. Atau jika belum bisa mapan, paling tidak dapat menempati posisi yang nyaman dalam pekerjaan apapun. Namun pada kenyataannya, nyaris semua pekerjaan yang didapat tidak cocok dengan asa yang diharapkan. Sebenarnya, untuk mendapatkan kerja yang Anda mau tidaklah sulit. Hanya saja, Anda mesti tahu teknik mendapatkan kerja yang kita inginkan. Nah, ada sejumlah tips penelusuran kerja yang akan menolong Anda menggali pekerjaan yang relevan dan cocok dengan bidang yang kita geluti.

Cara Mendapatkan Pekerjaan

Cara Mendapatkan Pekerjaan setelah Selesai Skripsi atau Tesis

1. Mencari lowongan cocok dengan bidangnya

Salah satu penyebab orang tidak jarang berganti pekerjaan ialah karena merasa tidak nyaman ketika bekerja. Solusinya, usahakanlah mencari kerja yang cocok dengan kemahiran Anda. Ini akan menolong Anda menjadi lebih nyaman dan merasakan saat bekerja nanti. Carilah kerja yang posisinya cocok dengan minat dan kegemaran Anda. Dengan begitu, Anda dapat bekerja tanpa beban yang macet. Tidak melulu itu, selama kerja berlangsung, Anda pun akan semakin produktif dan dapat meningkatkan kualitas secara bertahap. Meskipun sulit, kita dapat menggali opsi yang berbeda yang nyaris mendekati kerja yang sebenarnya Anda inginkan.

2. Melatih soft skill

Tak jarang soft skill dalam lingkungan kerja juga mempunyai nilai yang lebih tinggi dari hard skill. Artinya kita memiliki keterampilan yang lumayan meskipun kita tidak mempunyai latar belakang edukasi yang baik. Salah satu unsur yang sangat berpengaruh ialah kelancaran komunikasi dan kemampuan interpersonal yang baik. Dengan keterampilan kedua urusan tersebut, Anda bakal dinilai mempunyai reputasi yang baik. Sehingga sangat diperlukan dalam kerja vital tertentu. Padahal, bukan tidak mungkin Anda yang akan paling dipercaya HRD untuk bekerja bagi perusahaannya.

3. Bangun hubungan dengan orang-orang berpengalaman

Bergaul dengan orang-orang yang memiliki banyak pengalaman bakal memungkinkan Anda dapat berkembang dan menemukan masukan yang relevan. Anda dapat menyiapkan modal hubungan yang mesti diperlukan saat menggali pekerjaan. Di samping itu, Anda pun akan lebih tahu, trik menggali pekerjaan dan bagaimana berlomba dengan strategi yang tepat. Membangun hubungan dengan orang yang tepat pun dapat menolong Anda memperluas kesempatan untuk meraih lebih tidak sedikit peluang kerja. Orang yang kawakan telah merasakan masalah yang biasa dihadapi oleh pencari kerja. Bagi itu, Anda dapat bertanya tentang tantangan serta langkah-langkah yang mesti dilaksanakan untuk melewati tantangan tersebut.

Salah satu orang yang berpengalaman adalah dosen pembimbing skripsi atau tesis kita. Untuk itu, perlu diketahui tips menghadapi dosen pembimbing sehingga dapat meninggalkan kesan yang baik bagi dosen pembimbing Anda. Tidak sedikit mahasiswa langsung mendapatkan pekerjaan dari dosbing bahkan sebelum mereka menyelesaikan skripsi atau tesis.

4. Tunjukkan kemahiran khusus yang kita miliki

Jika mempunyai skill tertentu, ini dapat menjadi nilai plus guna menjatuhkan kompetitor. Keterampilan eksklusif yang dibutuhkan seringkali mencakup kemampuan seperti pemasaran digital, pemrograman komputer, dan pengembangan web. Dapatkan sertifikasi sah dengan mengekor kursus atau sesuatu. Jika Anda dapat melampirkan sertifikat kemahiran khusus di surat lamaran kerja. Tentu saja, perusahaan atau agensi tertentu bakal mempertimbangkan minat kita sebagai calon karyawan.

5. Mencari lowongan kerja melewati portal lowongan kerja online

Salah satu teknik efektif menggali pekerjaan di tengah pandemi virus corona ketika ini ialah dengan memanfaatkan portal lowongan kerja online. Banyak deviden yang dapat Anda manfaatkan dengan portal lowongan kerja online ini, laksana lebih murah, lebih cepat, dan lebih tidak sedikit pilihan yang dapat Anda daftarkan. Ada sejumlah portal lowongan kerja online yang dapat Anda gunakan, seperti:

  • Jobstreet
  • Karir
  • JobsDB
  • Loker
  • Qerja

Nah buat anda yang tertarik dengan dunia startup teknologi, ada sejumlah portal lowongan kerja online yang dapat kamu manfaatkan guna mendaftarkan kerja idaman kamu, seperti:

  • Urbanhire
  • Techinasia

Itulah tips menggali pekerjaan yang dapat Anda jadikan referensi saat menggali pekerjaan. Sebaiknya pakai tips – tips ini sebagai referensi sehingga kerja yang kita dapatkan benar-benar adalah bidang yang Anda dapat dan kuasai. Segera selesaikan skripsi atau tesis Anda, dan kejarlah pekerjaan impian Anda!