Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal Nasional di SINTA

Artikel cara mengetahui akreditasi jurnal nasional di SINTA ini terinspirasi dari banyaknya pertanyaan kepada kami dari banyak pihak yang sedang menyusun karya tulis ilmiah. Dalam melakukan penelitian maupun saat menyusun karya tulis ilmiah, kita sudah pasti membutuhkan referensi termasuk referensi dalam bentuk artikel jurnal hasil penelitian. Saat kita memilih menggunakan artikel jurnal sebagai referensi, sudah seharusnya kita mengetahui akreditasi jurnal yang menerbitkannya. Sebab artikel yang kita gunakan sebagai referensi baru dinilai layak dijadikan referensi apabila jurnal yang menerbitkannya sudah terakreditasi.

Apabila yang kita gunakan merupakan artikel dari jurnal nasional, maka kita dapat melihat kualitasnya dari akreditasi jurnal tersebut pada basis data akreditasi nasional yang kredibel, misalnya SINTA. Sementara bagi jurnal internasional, kualitas bisa dilihat dari apakah ada artikel dari jurnal tersebut yang terindeks dalam database bereputasi atau tidak. Misalnya saja di Scopus, sebuah basis data yang kredibel yang dinilai menjadi acuan reputasi semua jurnal internasional bereputasi. Melalui Scopus, peneliti dari seluruh dunia bisa mengakses semua jurnal ilmiah berkualitas baik secara gratis maupun berlangganan.

Untuk dapat mengakses artikel-artikel hasil penelitian ‘premium’, peneliti biasanya diharuskan untuk berlangganan. Tentu saja untuk mengakses jurnal-jurnal ‘premium’ di Scopus membutuhkan dana yang tidak sedikit. Atas dasar hal tersebut, biasanya universitas-universitas di Indonesia hanya mempersyaratkan jurnal internasional dalam prosentase yang kecil yang wajib digunakan sebagai rujukan dalam menyusun karya tulis ilmiah. Sisanya, mahasiswa diizinkan untuk menggunakan jurnal nasional sebagai rujukan. Namun, bukan sembarang jurnal nasional melainkan yang sudah terakreditasi. Lalu, bagaimana cara mengetahui akreditasi jurnal?

SINTA, Basis Data Jurnal Nasional Terakreditasi

Untuk memahami cara mengetahui akreditasi jurnal nasional, kita akan berkenal terlebih dahulu dengan SINTA (Science and Technology Index). SINTA merupakan portal khusus dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (sebelumnya dikelola Kemenristekdikti) untuk memudahkan peneliti dalam mengakses hasil publikasi karya tulis ilmiah, terutama dalam bentuk artikel jurnal. Saat berkunjung ke portal SINTA kita bisa menemukan daftar jurnal yang telah terakreditasi.

SINTA memiliki 6 (enam) kategori untuk menggolongkan seberapa baik kualitas jurnal yang berhasil masuk ke dalam database. Kategori tersebut dinyatakan dalam S1, S2, S3, S4, S5, dan S6. Istilah S1 merujuk pada arti SINTA 1, S2 untuk SINTA 2, dan seterusnya hingga SINTA 6. Kategori tersebut ditentukan dari nilai yang diperoleh masing-masing jurnal saat diakreditasi. Kategori SINTA 1 memiliki nilai akreditasi jurnal paling tinggi di dalam SINTA, disusul SINTA 2, SINTA 3, dan seterusnya. Nilai akreditasi ini biasanya berbanding lurus dengan kualitas artikel yang dimuat dalam jurnal, meskipun tidak selalu demikian. Karena bukan hanya faktor kualitas artikel saja yang dinilai saat akreditasi.

Artikel terkait: Tips Menulis Karya Ilmiah

Kategori Jurnal dalam SINTA

Tingkatan kategori dalam SINTA bisa dijadikan penentu sebelum kita benar-benar memilih artikel jurnal terakreditasi. Berikut detail penjelasan tentang kategori S1-S6 dalam portal SINTA:

  • SINTA 1 dengan kategori sudah terindeks Scopus atau akreditasi melalui Arjuna dengan nilai diatas 84
  • SINTA 2 dengan kategori akreditasi melalui Arjuna dengan nilai 70-84,9 atau jurnal yang sudah terakreditasi LIPI dan sesuai dengan tata kelola akreditasi jurnal elektronik
  • SINTA 3 dengan kategori mendaftar di Arjuna dan dilakukan evaluasi dengan nilai 60-69,9
  • SINTA 4 dengan kategori mendaftar di Arjuna dan dilakukan evaluasi dengan nilai 50-59,9
  • SINTA 5 dengan kategori mendaftar di Arjuna dan dilakukan evaluasi dengan nilai 40-49,9
  • SINTA 6 dengan kategori mendaftar di Arjuna dan dilakukan evaluasi dengan nilai 30-39,9

Jadi, semua jurnal nasional yang sudah terpublikasikan secara internasional juga bisa masuk ke dalam SINTA. Jika jurnal tersebut terindeks di dalam Scopus maka dijamin bisa menjadi S1 saat masuk ke website SINTA. Meskipun begitu, bukan berarti kategori lainnya kurang ideal untuk dijadikan sebagai referensi. Untuk bisa masuk kategori terbawah sekalipun (SINTA 6) sebuah jurnal memenuhi beberapa persyaratan akreditasi. Jadi, hanya jika memang jurnal tersebut berkualitas maka bisa masuk ke dalam SINTA. Artinya semua jurnal yang masuk ke dalam portal ini adalah jurnal berkualitas, yang tentu layak dijadikan referensi kita dalam menulis karya ilmiah.

Mengapa Akreditasi Jurnal Penting?

Mengapa akreditasi jurnal penting untuk diketahui? Hal tersebut membantu peneliti untuk memperoleh rujukan akurat dan berkualitas berupa artikel-artikel dari jurnal berkualitas. Dengan berselancar di SINTA, kita tidak perlu khawatir karena jurnal yang terindeks di sana sudah dipastikan terakreditasi. Bahkan jika kita mahir, kita juga akan menemukan artikel-artikel yang telah terindeks Scopus.

Selain itu, para peneliti juga dapat terhindar dari jurnal predator yang tidak mungkin terindeks ke dalam database milik Kemetrian Ristekbrin tersebut. Para penulis juga bisa mempublikasikan artikel ilmiah tanpa rasa takut akan jurnal predator.

Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal di SINTA

Berikut langkah-langkah cara mengetahui akreditasi jurnal melalui portal SINTA:

Langkah 1: Masuk ke portal SINTA melalui alamat https://sinta.kemdikbud.go.id/ (Tampilan per November 2021).

Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal Nasional di SINTA - 1

Langkah 2: Pada kolom pencarian, ketik apa yang ingin kita temukan. Kita bisa memasukkan kata kunci penelitian atau bidang penelitian. Misal “ekonomi”, “kimia”, “akuntansi” pada kolom pencarian. Sistem akan menunjukkan hasil penelusuran yang ditampilkan dalam bentuk daftar.

Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal Nasional di SINTA

Dalam daftar tersebut ditampilkan daftar afiliasi dan jurnal. Afiliasi/affiliations merujuk pada lembaga atau institusi yang memiliki kaitan penelitian pada bidang yang kita cari, sedangkan jurnal/journals merujuk pada nama jurnal yaitu penerbit artikel atau karya ilmiah yang fokusnya pada bidang yang kita cari.

Langkah 3: Anda bisa klik nama jurnal untuk mengetahui nilai akreditasi dan artikel-artikel teratas pada jurnal tersebut. Silakan klik nama jurnal yang dirasa paling sesuai kebutuhan. Selain itu, kita juga dapat memperhatikan klasternya. Gunakan klaster S1 untuk mendapatkan jurnal ilmiah terakreditasi sangat baik. Juga disediakan alamat jurnal sehingga kita bisa langsung menuju ke portal jurnal terkait untuk melihat seluruh artikelnya atau bila kita ingin mempublikasikan karya kita di sana.

Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal Nasional di SINTA

Dengan menggunakan database SINTA, kita tidak hanya menjadi paham cara mengetahui akreditasi jurnal dengan mudah melainkan juga menjadi mampu mencari rujukan yang tertarget dan pasti terakreditasi. Semua yang ada dalam hasil pencarian merupakan daftar jurnal yang telah terakreditasi. Jadi, artikel-artikel jurnal yang ditampilkan layak dijadikan referensi dan daftar jurnal yang ada bisa dijadikan tempat untuk mempublikasikan artikel karya ilmiah.

Hubungi Jasa Skripsi dan Jurnal

Demikian cara mengetahui akreditasi jurnal di portal SINTA. Jika Anda masih merasa memerlukan bantuan dalam melakukan publikasi pada jurnal terakreditasi, kami menawarkan jasa pembuatan karya ilmiah. Silakan hubungi admin untuk mendapatkan penawaran terbaik.