Cara Submit Jurnal Internasional Bereputasi Untuk Pemula

Artikel tentang cara submit jurnal internasional bereputasi untuk pemula berikut kami susun berdasarkan rasa ingin tahu para mahasiswa, dosen, dan peneliti tentang cara publikasi jurnal internasional. Kurang lebih terdapat delapan langkah yang harus ditempuh oleh peneliti sampai artikel penelitiannya dapat diterima dan diterbitkan di jurnal internasional.

Cara Submit Jurnal Internasional

8 Langkah Cara Submit Jurnal Internasional Bereputasi

Banyak perguruan tinggi mensyaratkan mahasiswa yang telah menyelesaikan karya ilmiah untuk mempublikasikan artikel penelitiannya di jurnal internasional bereputasi. Bahkan menjadikannya sebagai syarat kelulusan. Para dosen juga diwajibkan untuk memiliki jurnal atau artikel ilmiah publikasi internasional untuk menambah angka kredit. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para mahasiswa dan dosen, khususnya bagi mereka yang pemula. Selain biaya publikasi jurnal yang tidak murah, proses review sampai diterima juga memerlukan kesabaran. Berikut penjelasan tentang cara submit jurnal internasional bereputasi untuk pemula.

1. Siapkan Naskah (Draft) Jurnal

Artikel ilmiah dari sebuah hasil penelitian biasanya lebih mudah diterima dan dipublikasikan di jurnal internasional. Pastikan artikel ilmiah Anda layak dibaca dan layak dirujuk sebagai referensi nantinya jika sudah diterbutkan. Untuk itu, naskah jurnal Anda harus memiliki sumber (reference) dari buku dan jurnal yang bereputasi.

2. Terjemahkan Artikel Anda

Artikel penelitian Anda akan dimuat di jurnal internasional, maka harus menggunakan bahasa internasional yang diakui PBB yaitu bahasa Arab, Cina, Inggris, Prancis, Rusia, atau bahasa Spanyol. Terjemahkan naskah artikel Anda secara manual, pastikan menggunakan kaidah kebahasaaan yang tepat tanpa merubah maksud dan isi penelitian. Jika kesulitan, gunakanlah jasa penerjemah yang profesional.

3. Carilah Penerbit Jurnal Internasional yang Tepat

Setelah artikel siap dipublikasikan, sangat penting untuk mencari publisher jurnal yang bereputasi. Jangan sampai tertipu oleh jurnal predator (penerbit jurnal penipu) hanya karena tergiru harga murah. Penerbit jurnal haruslah terindeks mesin pencari atau indeks jurnal yang telah tervalidasi seperti Scopus, Proquest, Thomson Reuters, Science Direct, Elsevier, dan sebagainya. Kunjungi website resmi dari para penerbit untuk menentukan fitur dan harga yang sesuai dengan Anda.

4. Download Contoh Jurnal dari Penerbit Pilihan

Setelah menentukan penerbit mana yang akan Anda pilih, unduh satu atau beberapa jurnal dari sana. Sesuaikan format artikel ilmiah Anda dengan format artikel yang Anda unduh tadi. Perhatikan semua detilnya, mulai dari bahasa, format pebulisan, gambar, tabel, grafik, penulisan pustaka yang sesuai, dan sebagainya. Semakin baik format penulisan artikel Anda, semakin besar pula peluang diterbitkan.

5. Submit Artikel di Jurnal Internasional Bereputasi Pilihan

Setelah memastikan format artikel Anda sesuai dengan ‘request’ dari penerbit, segera submit. Kebanyakan jurnal yang bereputasi memiliki sistem pengumpulan artikel yang terintegrasi dengan website-nya. Namun tidak sedikit juga yang masih menggunakan sistem via email. Dalam waktu 2-3 bulan Anda akan mendapatkan pemberitahuan apakah artikel diterima untuk dipublikasikan, ditolak, atau masih perlu perbaikan. Apabila artikel diterima, maka Anda akan mendapat penjelasan lebih lanjut mengenai proses review, pembayaran hingga penerbitan. Apabila artikel ditolak, Anda harus segera memilih penerbit jurnal lain dengan IF (Impact Factor) yang lebih rendah dan mengikuti proses yang sama.

6. Menunggu Proses Review

Apabila artikel diterima akan masuk ke proses review oleh para pakar dan reviewer penerbit. Mereka akan menilai berdasarkan kriteria tertentu, seperti bahasa, sitasi, kualitas konten, referensi, dan sebagainya. Proses inilah yang paling lama, bisa berlangsung selama 3-8 bulan. Apabila ada jasa publikasi jurnal internasional yang menawarkan penerbitan kurang dari dua bulan, Anda patut waspada.

7. Revisi Artikel

Reviewer akan memberikan koreksi dan masukan apa saja yang harus direvisi. Berdasarkan pengalaman, sekitar 90% revisi yang diterima penulis pemula berkaitan dengan kebahasaan. Konsultasikanlah dengan ahli bahasa untuk hasil maksimal. Biasanya Anda akan diberi deadline revisi selama 2-5 minggu sebelum harus mengumpulkan artikel Anda kembali.

8. Pembayaran

Setelah pengumpulan ulang artikel dan dinyatakan siap publish, Anda akan diharuskan membayar biaya publikasi yang tidak murah. Biasanya berkisar antara USD 30 sampai dengan USD 5000 tergantung jenis jurnal dan reputasi jurnal. Untuk open access journal yang bisa dibaca dan dirujuk siapa saja harganya lebih mahal. Anda bisa memilih yang harganya terjangkau bahkan gratis jika memilih jenis closed access journal, di mana orang lain yang merujuk artikel Anda harus membayar. Setelah pembayaran selesai, artikel Anda akan terbit di volume / edisi berikutnya.

Hubungi Jasa Skripsi dan Jurnal

Cara submit jurnal internasional di atas cukup merepotkan, bukan? Namun memang begitulah langkah-langkahnya sampai artikel Anda terpublikasi. Serahkan pada profesional-profesional kami untuk membantu Anda. Jasa publikasi jurnal internasional bereputasi terpercaya sejak 2010 dengan kualitas layanan prima dan jaminan terpublikasi.