Contoh Proposal Skripsi Manajemen Ekonomi: CSR, Profitabilitas, Firm Value (3)

Berikut kami sajikan sebuah contoh proposal skripsi program studi manajemen ekonomi tentang CSR, Profitabilitas, Firm Value bagian pertama Bab III. Bagian ketiga (Bab 3) ini berisi daftar pustaka dan metode penelitian yang terdiri atas variabel penelitian dan definisi operasional, penentuan populasi dan sampel, jenis dan sumber data, metode pengumpulan data, metode analisis, tahapan pelaksanaan kegiatan penelitian.

Metode Penelitian Contoh Proposal Skripsi

A. Variabel Penelitian dan Definisi Operasional

Berikut variabel-variabel yang diteliti di dalam penelitian ini beserta teknik analisis yang digunakan.

1. Nilai Perusahaan

Nilai perusahaan adalah indikator bagi pasar untuk menilai perusahaan secara keseluruhan. Nilai perusahaan dihitung menggunakan rasio Q yang dikembangkan oleh James Tobin (1967), yaitu rasio antara penjumlahan nilai pasar ekuitas dan nilai buku dari total hutang dibagi dengan penjumlahan nilai buku dari total ekuitas dan total hutang. Konsep ini mampu menunjukkan estimasi pasar keuangan saat ini, yaitu nilai hasil pengembalian dari setiap dolar investasi inkremental. Jika rasio Q bernilai satu, artinya investasi dalam aktiva menghasilkan laba yang nilainya lebih tinggi daripada pengeluaran investasi. Keadaan rasio Q bernilai satu akan merangsang investasi baru. Namun jika rasio Q nilainya di bawah satu, investasi dalam aktiva tidak menarik perhatian investor (Herawaty, 2008).

Contoh Proposal Skripsi: Rumus Ukuran Perusahaan

Keterangan:

            Q          = nilai perusahaan
            EMV     = nilai pasar ekuitas (closing price x jumlah saham yang beredar)
            D          = nilai buku dari total hutang
            EBV      = nilai buku dari total ekuitas

2. Corporate Social Responsibility

            Corporate Social Responsibility menunjukkan komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pembangun ekonomi dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan. Komitmen ini harus menjaga keseimbangan antara aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Kegiatan CSR perusahaan dilaporkan melalui pengungkapan CSR dalam laporan tahunan. Dalam penelitian ini, tingkat pengungkapan CSR diukur menggunakan analisis konten berdasarkan instrumen Global Reporting Initiative (GRI) versi G3.1 dengan indikator sebanyak 81 item dari enam kategori, yaitu kategori ekonomi, tenaga kerja, sosial, hak asasi manusia, produk, dan kategori lingkungan.

            Untuk pemberian skor, setiap item pengungkapan akan diberi skor 1 jika diungkapkan dan skor 0 jika tidak diungkapkan. Indeks pengungkapan corporate social responsibility diukur dengan skala rasio berikut.

Dengan,

            CSRDI  = Indeks pengungkapan CSR
            Xi         = jumlah disclosure perusahaan, n ≤ 81
            n          = jumlah item checklist disclosure, n = 81

3. Profitabilitas

            Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dalam upaya meningkatkan nilai pemegang saham (Titisari, Suwardi, & Setiawan, 2010). Profitabilitas dalam penelitian ini dirumuskan melalui ROE dengan skala rasio yang mencerminkan keefektifan perusahaan menghasilkan return bagi para investor. Minat investor yang tinggi untuk menanamkan modal pada perusahaan ROE tinggi akan mendorong meningkatnya harga saham. Jadi secara teoritis, semakin tinggi tingkat profitabilitas yang dicapai oleh perusahaan, semakin tinggi pula nilai suatu perusahaan.

Dengan,

            ROE                = rasio pengembalian ekuitas
            EAT                = laba bersih setelah pajak
            Total Equity    = ekuitas pemegang saham

4. Ukuran Perusahaan

            Ukuran perusahaan didefinisikan sebagai besarnya suatu perusahaan yang diukur dengan total aset perusahaan yang dilogaritmakan. Kemampuan manajemen dalam mengelola suatu perusahaan dapat dinilai dari total asetnya. Pada umumnya, perusahaan besar memiliki total aset yang lebih banyak daripada perusahaan kecil. Total aset digunakan sebagai pengukuran karena jumlah aset cenderung lebih stabil tiap tahun.

Sebelumnya: Contoh Proposal Skripsi Manajemen Ekonomi: CSR, Profitabilitas, Firm Value (1)

B. Penentuan Populasi dan Sampel

Populasi dalam penelitian berjumlah 43 perusahaan subsektor bank yang terdaftar di situs Bursa Efek Indonesia. Penulis memilih perusahaan perbankan sebagai objek penelitian dengan alasan bahwa bank merupakan cerminan kepercayaan investor pada stabilitas sistem perbankan dan sistem keuangan suatu negara. Kedua, banyak bank yang sudah go public sehingga memudahkan dalam melihat posisi keuangan dan kinerja suatu bank. Alasan lainnya, rasio keuangan perusahaan perbankan sedikit berbeda dengan rasio keuangan perusahaan pada sektor lain, yang ditunjukkan oleh standar akuntansi perbankan yang diatur secara khusus dalam Pernyataan Standar Akuntansi No. 31. Sampel ditentukan dengan pusposive sampling agar memperoleh sampel yang representatif sesuai dengan kriteria: (1) telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2019; (2) menerbitkan laporan tahunan dan corporate social responsibility pada periode 2016-2019; (3) tidak delisting dan data tersedia selama periode pengamatan; (4) tidak mengalami kerugian. Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, sebanyak 25 perusahaan perbankan dipilih menjadi sampel penelitian. Perhitungan lag-1 pada variabel independen digunakan untuk melihat pengaruh terhadap variabel dependen pada tahun selanjutnya.

C. Jenis dan Sumber Data

Penelitian ini berpendekatan penelitian kausal atau asosiatif karena menonjolkan pembahasan sebab dan akibat. Jenis data yang digunakan dalam penelitian merupakan data kuantitatif. Data kuantitatif yang dimaksud adalah sumber data sekunder yang dihimpun dari dari laporan tahunan perusahaan perbankan periode 2016-2019 yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id).

D. Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi, di mana seluruh data sekunder berupa laporan tahunan yang didapatkan dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Sebagai panduan, digunakan instrumen penelitian berupa check list atau daftar pertanyaan-pertanyaan yang berisi item-item pengungkapan pertanggungjawaban sosial. 

E. Metode Analisis

            Analisis statistik deskriptif digunakan dalam penelitian ini guna memberikan informasi mengenai data yang dimiliki dan tidak bermaksud menguji hipotesis. Statistik deskriptif memiliki manfaat untuk memberikan gambaran atau deskripsi suatu data yang dilihat dari nilai rata-rata, standar deviasi, varian, data maksimum, data minimum, sum, range, kurtosis dan skewness atau kemencengan distribusi (Ghozali, 2005). Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik  (normalitas,  multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas).

            Metode analisis data yang digunakan untuk mengolah data sukender dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda (multiple linear regression). Untuk menguji pengaruh corporate social reaasponsibility, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan secara parsial digunakan uji-t dan secara simultan digunakan uji-F.

            Model penelitian ini yaitu:

Keterangan:

            Y           = Nilai perusahaan diukur dengan Tobin’s Q
            α            = konstanta
            β            = konstanta
            X1          = CSRDI
            X2          = Profitabilitas dengan ROE
            X3          = Ukuran Perusahaan dengan LnAset
            e             = Error Term, yaitu tingkat kesalahan penduga dalam penelitian

Tahapan Pelaksanaan Kegiatan Penelitian

Tahapan pelaksanaan kegiatan penelitian disajikan dalam jadwal penelitian berikut.

Contoh Proposal Skripsi Manajemen: Jadwal Penelitian

Secara total, penulis melaksanakan penelitian selama enam bulan dengan penjelasan tahapan sebagai berikut.

  1. Penulis menyusun judul dan konsep penelitian untuk diajukan kepada dosen pembimbing. Judul dan konsep yang telah dibahas bersama dosen pembimbing dijadikan dasar untuk menyusun proposal penelitian skripsi.
  2. Penulis menyusun proposal penelitian, mematangkan latar belakang penelitian, tujuan, metode penelitian, teknik analisis yang akan digunakan, termasuk mempersiapkan instrumen yang akan dipakai untuk mengambil data dari situs Bursa Efek Indonesia.
  3. Setelah proposal penelitian telah tersusun dan telah mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing, proposal penelitian diuji dalam seminar proposal untuk menyamakan persepsi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan serta menyempurnakan metode penelitian yang telah ada.
  4. Setelah mendapat persetujuan dari dosen pembimbing dan penguji, penulis mulai mengambil data mentah dari situs Bursa Efek Indonesia, mengolahnya data hingga siap dianalisis dengan teknik analisis yang sudah ditentukan.
  5. Hasil pengambilan data dan analisis data disajikan dan dibahas dalam bentuk naskah skripsi sesuai ketentuan. Naskah skripsi dibimbingkan kepada dosen pembimbing secara konsisten untuk menghasilkan karya ilmiah yang baik.
  6. Naskah skripsi yang telah tersusun dan mendapat persetujuan dari dosen pembimbing diajukan untuk diuji dihadapan dosen penguji.

Sebelumnya: Contoh Proposal Skripsi Manajemen Ekonomi: CSR, Profitabilitas, Firm Value (2)

Daftar Pustaka

Abeyrathna, G., & Priyadarshana, M. (2019). Impact of Firm size on Profitability. International Journal of Scientific and Research Publications, 6, 561-564.

Agustine, I. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal FINESTA, 2(2), 42-47.

Analisa, Y. (2009). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitablitas, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Arafat, M. Y., Warokka, A., & Abdullah, H. H. (2012). The Triple Bottom Line Effect on Emerging Market Companies: A Test of Corporate Social Responsibility and Firm Value Relationship. Journal of Southeast Asian Research, 2012, 1-15.

Ardimas, W., & Wardoyo. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan pada Bank Go Public yang Terdaftar di BEI. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, 18(1), 57-66.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Buchanan, B., Cao, C. X., & Chen, C. (2018). Corporate Social Responsibility, Firm Value, and Influential Institutional Ownership. Journal of Corporate Finance, 52, 73-95.

Carroll, A. (1979). A three-dimensional conceptual model of corporate social performance. Academy of Management Review, 4, 497-505.

Connelly, B. L., Ireland, R. D., Certo, T., & Reutzel, C. R. (2011). Signaling Theory: A Review and Assessment. Journal of Management, 39-67.

Elkington, J. (1997). Cannibals with Forks. The Triple Bottom Line of the Twenty First Century. Oxford: Capstone.

Ghozali, I. (2005). Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Chariri. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardinis, M. (2019). Capital Structure and Firm Size on Firm Value Moderated by Profitability. International Journal of Economics and Business Administration, VII(1), 174-191.

Hardiyanti, N. (2012). Analisis Pengaruh Insider Ownership, Leverage, Profitabilitas, Firm Size, dan Dividen. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Diponegoro.

Herawaty, V. (2008). Peran Praktik Corporate Governance Sebagai Moderating Variable dari Pengaruh Earnings Management Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 10(2), 97-108.

Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2005). Dasar- Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP AMP YPKN.

Jeroh, E. (2020). Firms’ Attributes, Corporate Social Responsibility Disclosure and The Financial Performance of Listed Companies in Nigeria. Asian Economic and Financial Review, 10(6), 727-743.

Jogiyanto, H. (2000). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusumadilaga, R. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Laili, C. N., Djazuli, A., & Indrawati, N. K. (2019). The Influence of Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Firm Size on Firm Value: Financial Performance As Mediation Variable. Journal of Applied Management (JAM), 17(1), 179-186.

Machmuddah, Z., Sari, D. W., & Utomo, S. D. (2020). Corporate Social Responsibility, Profitability and Firm Value: Evidence from Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 7(9), 631-638.

Maspupah, I. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Pertumbuhan Penjualan, dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Perwira, A. A., & Wiksuana, I. B. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Pertumbuhan Aset Terhadap Kebijakan Deviden dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(7), 3767-3796.

Pramana, I. A., & Mustanda, I. K. (2016). Pengaruh Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1), 561-594.

Putri, H. C., & Raharja, S. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase kepemilikan Menejerial sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, 2(3), 1-15.

Rahayu, M., & Sari, B. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Ikraith-Humaniora, 2, 69-76.

Raningsih, N. K., & Artini, L. S. (2008). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7(8), 1997-2026.

Sartono, A. (2008). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Sujoko, & Soebiantoro, U. (2007). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 41-48.

Sulistiono. (2010). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2006-2008. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Suryadi, N., Mayliza, R., & Ritonga, I. (2020). Pengaruh Inflasi, Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Pangsa Pasar Terhadap Profitabilitas Bank umum Syariah di indonesia Periode 2012-2018. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(1), 1-10.

Sutanto, H. (2020). The Effect of Firm Size, Firm Growth, Profitability, and Capital Structure on Firm Value with Devident Policy As Intervening Variables in Telecommunication Companies Listed on indonesia Stock Exchange. Journal of Public Budgeting, Accounting and Finance, 2(4), 1-13.

Titisari, K. H., Suwardi, E., & Setiawan, D. (2010). Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kinerja Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto (pp. 1-28). Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Van Horn, J. C., & Wachowicz Jr, J. M. (2005). Fundamentals of Financial Management (Prinsip Manajemen Keuangan). Edisi Kedua Belas. Jakarta: Salemba Empat.

Weston, J. F., & Copeland, T. E. (1992). Dasar – Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Wibowo, B. (2016). Stabilitas Bank, Tingkat Persaingan Antar Bank dan Diversifikasi Sumber Pendapatan: Analisis Per Kelompok Bank di Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(2), 172-195.

Yuniasih, N. W., & Wirakusuma, M. G. (2007). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Bali: Universitas Udayana.

Zuhroh, I. (2019). The Effects of Liquidity, Firm Size, and Profitability on the Firm Value with Mediating Leverage. The 2nd International Conference on Islamic Economics, Business, and Philanthropy (ICIEBP) (pp. 203-230). Surabaya: KnowledgeE Social Science.

Zulaika, T., & Sihombing, G. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Indeks SRI-KEHATI terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi dan Governance Andalas, 2(2), 135-165.

Zyznarska-Dworczak, B. (2018). Legitimacy Theory in Management Accounting Research. Problemy ZarzÈdzania, 16(1), 195-203.

Demikian contoh proposal skripsi Bagian ketiga (Bab 3) ini berisi daftar pustaka dan metode penelitian yang terdiri atas variabel penelitian dan definisi operasional, penentuan populasi dan sampel, jenis dan sumber data, metode pengumpulan data, metode analisis, tahapan pelaksanaan kegiatan penelitian.