Judul Skripsi Hukum Ekonomi Syariah Terbaru

Judul skripsi hukum ekonomi syariah merupakan salah satu frasa pencarian yang popular di Google. Banyak mahasiswa program studi hukum ekonomi syariah masih kebingungan dalam menentukan judul skripsi. Padahal, di era yang modern seperti sekarang. banyak metode maupun pendekatan yang dapat diaplikasikan untuk menyusun judul skripsi, termasuk skripsi hukum ekonomi syariah. Salah satu pendekatan yang dapat Anda gunakan yaitu Pendekatan Dr. Gin’s RMC.

Pendekatan RMC dalam Membuat Judul Skripsi Hukum Ekonomi Syariah

Dalam menyusun judul skripsi termasuk judul skripsi hukum ekonomi syariah, mahasiswa dapat menggunakan pendekatan RMC karya Dr. Ginanjar Rahmawan, S.E., M.M., M.H. Pendekatan RMC (Research Model Canvas) merupakan pendekatan dalam merencanakan proposal penelitian dalam selembar kertas kerja/kanvas. Dengan menggunakan RMC, peneliti mampu merencanakan unsur-unsur penelitian dengan baik serta mampu menyusun judul penelitian yang sesuai.

Lembar kerja RMC berisi 6 (enam) poin penting sebelum Anda menentukan suatu judul skripsi. Keenam poin tersebut yaitu Topik, Masalah/Gap, Teori, Tujuan, Kebaruan, Model. Adapun lembar kerja atau kanvas yang bisa Anda gunakan seperti berikut.

Contoh Judul Skripsi Hukum Ekonomi Syariah

Mahasiswa dapat menggunakan model RMC ini menyusun proposal skripsi, tesis, disertasi, maupun karya ilmiah lain. Sebaiknya, mahasiswa menyusun model penelitiannya dalam selembar kertas berisi analisis RMC dahulu di awal. Selanjutnya, Anda dapat mengkonsultasikannya kepada dosen pembimbing. Selembar kertas berisi analisis menggunakan RMC tersebut menggambarkan inti dari proposal sehingga tidak menyebabkan Anda sering berganti  draft proposal.

Contoh Judul Skripsi Hukum Ekonomi Syariah

Judul skripsi hukum ekonomi syariah tentang jual beli (saham) yang dibuat berdasarkan pendekatan RMC sebagai berikut.

  • Topik: Hukum Jual Beli Syariah
  • Masalah/Gap: Masih ada stigma adanya kandungan gharar dan perjudian dalam jual-beli di pasar modal atau bursa efek
  • Teori: Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia dan Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 2 tahun 2008 tentang Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES).
  • Tujuan: menganalisis praktik investasi saham dalam perspektif hukum ekonomi syariah
  • Kebaruan: Sebagai suatu alat pertimbangan pengambilan keputusan jual beli di pasar modal berdasarkan prinsip syariah
  • Model: Kualitatif yuridis normatif
  • Judul: Investasi Saham Syariah di Bursa Efek Indonesia dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Berikut kami sajikan beberapa contoh judul skripsi hukum ekonomi syariah yang mudah dan bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam menentukan judul skripsi Anda. Untuk memudahkan Anda, judul-judul kami kelompokkan ke dalam bidang jual-beli, perbankan, pertanian, serta sosial dan teknologi. Bagian yang kami cetak tebal dapat Anda sesuaikan sendiri.

Bidang Jual Beli Online atau Offline

  1. Hadis Tentang Gadai: Analisis Hukum Pemanfaatan Nama Barang sebagai Barang Jaminan oleh Murtahin.
  2. Prespektif Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Menggunakan Potongan Harga (Diskon) dengan Berjangka Waktu di Nama Toko.
  3. Analisis Pengaruh Nilai Penerbitan Obligasi Syariah, Rating Penerbitan Obligasi Syariah, dan Risiko Obligasi Syariah terhadap Reaksi Pasar Modal (Studi Kasus pada Nama Perusahaan/Bursa.
  4. Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap (Metode Pembayaran, misalnya: Shopeepay Later).
  5. Pengaruh Strategi Penetapan Harga terhadap Minat Beli Konsumen di (Nama Tempat/Toko/Perusahaan) (Analisis Etika Bisnis Islam).
  6. Konsep Ihtikar dalam Prespektif Fuqaha dan Perbandingannya dengan Konsep Monopoli Persaingan Usaha Tidak Sehat dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999
  7. Pengupahan Jasa Host Live Streaming Tiktok Shop Perspektif Teori Relasi Kuasa dan Akad Ijarah.

Bidang Perbankan

  1. Eksistensi Qanun Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah terhadap Konversi Bank Konvensional menjadi Bank Syariah.
  2. Analisis Sosiologi Hukum Islam terhadap Kredit Macet di Badan Usaha Milik Desa.
  3. Penerapan Asas Personalitas Keislaman Dalam Proses Penyelesaian Sengketa Perbankan Syariah Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 93/PUU-X/2012.
  4. Analisis Alokasi Dana Zakat dan Tanggung Jawab Sosial dengan Pendekatan Maqashid Syariah pada Bank Syariah.
  5. Pola Penyelesaian Sengketa Perbankan Syariah pada Pengadilan Agama di Indonesia
  6. Pemahaman Nilai-Nilai Etika Konsumsi Islami terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Perbankan Syariah.
  7. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Jasa Bank Syariah di Kota Munchen.
  8. Relevansi Fatwa dalam Regulasi Perbankan Syariah Sebagai Landasan Operasional Perbankan Syariah.

Bidang Pertanian

  1. Studi Tentang Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah dalam Pengelolaan Zakat Pertanian dan Dampaknya terhadap Kesejahteraan Petani.
  2. Implementasi Kontrak Musyarakah dalam Pembiayaan Pertanian Syariah: Studi Kasus pada Petani Kecil di Kecamatan Damai Sejahtera.
  3. Evaluasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap Program Asuransi Pertanian Syariah dalam Mengatasi Risiko Produksi Pertanian.
  4. Penerapan Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah dalam Pengelolaan Perkebunan Kelapa Sawit: Analisis Dampak Lingkungan dan Sosial.
  5. Evaluasi Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah dalam Mendorong Pertumbuhan Pertanian di Desa Majumundur.
  6. Implementasi Konsep Murabahah dalam Pembiayaan Pertanian Syariah: Dampaknya pada Efisiensi dan Kesejahteraan Petani.
  7. Analisis Hukum Ekonomi Syariah terhadap Pengembangan Pertanian Organik: Studi Kasus pada Keberlanjutan dan Kesejahteraan Petani.
  8. Perbandingan Antara Sistem Pembiayaan Pertanian Syariah dengan Sistem Konvensional dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani: Studi Kasus di Desa Kovit.
  9. Studi Tentang Pengelolaan Aset Wakaf Pertanian dan Dampaknya pada Pemberdayaan Ekonomi Syariah di Wilayah Pedesaan.
  10. Analisis Hukum Ekonomi Syariah terhadap Perkembangan Pasar Komoditas Pertanian Berbasis Syariah di Desa Hilir Mudik.

Bidang Sosial dan Teknologi

  1. Keterbukaan Penerimaan dan Pengeluaran Kas Baitul Maal Nurul Hidayah sebagai Entitas Pemberdayaan Ekonomi Pesantren.
  2. Penerapan Prinsip Kehati-Hatian Terhadap Kepatuhan Syariah Oleh Penyelenggara Teknologi Finansial
  3. Formulasi Hukum Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Dalam Kerangka Maqoshid As-Syari’ah.
  4. Studi Penerapan Prinsip Ketauhidan dalam Pengelolaan Usaha Jasa Layanan Internet
  5. Pelindungan Konsumen terhadap Jaminan Produk Halal dalam Perspektif Sistem Hukum
  6. Ibu Rumah Tangga dalam Menumbuhkembangkan Ekonomi Keluarga Ditinjau dari Hukum Islam
  7. Rancang Bangun Sistem Pengambilan Keputusan Pemberian Bantuan Zakat dengan Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Proses

Setelah menentukan judul skripsi, jangan lupa mengkonsultasikannya kepada dosen pembimbing. Selalu jalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing Anda. Dengan demikian, Anda berarti telah menghormati. Hal ini merupakan salah satu cara agar cepat lulus sebagai mana telah kami tulis di artikel sebelumnya.

Hubungi Jasa Skripsi dan Jurnal

Demikian contoh-contoh judul skripsi hukum ekonomi syariah dalam bidang jual beli, pertanian, perbankan, dan sosial teknologi yang telah kami uraikan. Semoga dapat membantu Anda dalam menentukan judul skripsi Anda. Jika Anda masih kesulitan dalam menyusun judul skripsi hukum ekonomi syariah, silakan hubungi admin untuk mendapatkan bantuan.