Pedoman Pembuatan Laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Dalam pembuatan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Anda perlu memahami rambu-rambu atau pedoman yang harus dikuti agar pembuatan laporan PTK lebih terarah. Selain itu, Anda juga perlu memahami apa itu PTK, prinsip, dan manfaatnya agar penelitian yang sedang Anda lakukan tidak keluar dari ‘rel’ penelitian tindakan.

Pedoman Pembuatan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Cara Pembuatan Laporan PTK

Berikut merupakan penjelasan bagian-bagian sebuah laporan PTK dari mulai Judul sampai dengan Kesimpulan dan Saran.

1. Judul

Judul PTK yang baik haruslah singkat, spesifik, menunjukkan gambaran masalah, tindakan, hasil, dan lokasi. Pastikan panjang judul tidak lebih dari 15 kata.

2. Bab I Pendahuluan

Latar belakang masalah mencakup tentang hal yang terjadi di sekolah, bersifat penting, bersifat mendesak, dapat dilakukan, jelas masalahnya atau berupa kondisi ideal, kondisi nyata, kesenjangan kondisi ideal dan kondisi nyata serta pemecahan masalahnya.

Rumusan masalah adalah kalimat tanya yang berisi tentang asumsi, lingkup penelitian, alternatif tindakan, indikator keberhasilan, dan cara penyelesaian masalah.

Pemecahan masalah / identifikasi masalah berisi tentang uraian alternatif tindakan berdasarkan prioritas tindakan pemecahan masalah.

Tujuan penelitian berisi tujuan umum, tujuan khusus atau cukup tujuan penelitian saja yang berisi tentang tujuan yang dapat diukur  ketercapaiannya.

Manfaat penelitian menjabarkan manfaat bagi siswa, guru, sekolah, atau komponen yang terkait. Lebih baik mengemukakan hal yang berupa inovasi saja, bukan hal-hal yang sifatnya normatif.

3. Bab II Kajian Teori

Dalam kajian teori, seorang peneliti memaparkan teori-teori yang mendasari penelitian tindakan kelas dan memperkuatnya. Kajian teori mengungkap tentang:

  • What (apa) berupa definisi atau pengertian
  • Who (siapa) berupa siapa penemu atau pendapat siapa
  • Why (mengapa) mengapa teori itu ada
  • How (bagaimana) teori itu digunakan atau hasil penelitian terdahulu (yang telah dilakukan orang lain)

4. Bab III Metode Penelitian

Persiapan / setting penelitian berisi tentang subjek penelitian, bisa berupa lokasi sekolah, kelas, jumlah siswa, komposisi siswa, situasi lingkungan siswa, berapa lama penelitian dilakukan, dan sebagainya.

Indikator keberhasilan menjelaskan indikator keberhasilan yang menjadi acuan keberhasilan dalam setiap tindakan. Indikator ini dapat berupa gradasi seperti:

  • 80-100 : sangat berhasil,
  • 60-79 : berhasil,
  • 40-59 : cukup berhasil,
  • 20- 39 : kurang berhasil,
  • 0-19 : tidak berhasil.

Jika yang diukur adalah kemampuan kognitif siswa, maka kita dapat menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebagai acuan,

Gambaran umum penelitian menjelaskan siklus tindakan yang akan / telah kita lakukan. Penjelasan ini mendeskripsikan tindakan-tindakan setiap siklus, antara lain: kegiatan perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, serta kegiatan refleksi. Refleksi pada siklus pertama dijadikan daya untuk perencanaan tindakan pada siklus kedua dan seterusnya.

Terakhir dalam bab ini, sebutkan semua instrumen penelitian yang digunakan. Mulai dari instrumen penelitian, pedoman observasi, alat perekam, media, danm sebagainya.

5. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan

Hasil penelitian dan pembahasan menjelaskan hasil pengamatan dari observer, analisis data, dan refleksi dari kegiatan dalam setiap siklus. Hasil refleksi merupakan rencana tindakan untuk siklus selanjutnya. Hasil pengamatan yang dimaksud dapat berupa tindakan guru dan atau kegiatan siswa. Interpretasikan data penelitian Anda menjadi kalimat-kalimat penjelasan sehingga hasil penelitian dapat dibaca dan dimengerti orang lain.

6. Bab V Kesimpulan dan Saran

Pada bab kesimpulan dan saran, jelaskan kesimpulan dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas hasil penelitian. Rekomendasi-rekomendasi dari Anda selaku peneliti agar penelitian selanjutnya dapat berjalan dengan lebih baik.

Kontak Al-Ayaam Jasa Pembuatan Skripsi

Demikian pedoman pembuatan laporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang semoga dapat membantu Anda membuat laporan PTK. Anda seorang guru yang ingin melaksanakan sebuah tindakan kelas? Hubungi kami untuk mendapatkan jasa pembuatan PTK yang profesional dengan harga terbaik.