Tips Membuat Judul Artikel Menarik dengan Teknik SHINE

Tips membuat judul artikel menarik ini banyak di-request oleh banyak klien ketika menggunakan jasa skripsi dan karya ilmiah kami. Banyak yang mahir menuliskan isi kepala menjadi artikel, tetapi tidak banyak yang berhasil membuat orang membaca karena judul artikel yang kurang menarik. Berikut tips dari Al-Ayaam Biro Jasa Pembuatan Skripsi yang bisa Anda coba untuk membuat judul artikel Anda lebih menarik.

Pentingnya Membuat Judul Artikel Menarik

Perkembangan zaman semakin cepat melesat di berbagai bidang. Terlebih di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi, perkembangannya seperti tidak dapat terbendung. Banyak conten creator menyajikan hasil karya mereka melalui berbagai media. Salah satunya melalui tulisan kreatif dalam bentuk artikel. Berbagai teknik mereka lakukan agar tulisan mereka dapat menarik perhatian pembaca. Salah satunya teknik memberikan judul artikel semenarik mungkin.

Judul artikel menjadi penting manakala banyak penulis menyajikan konten dan informasi serupa. Judul menjadi sebuah identitas, yang harusnya mampu menarik minat orang untuk membaca seluruh isi artikel. Kita sendiri bahkan biasa menilai isi artikel dari judulnya, bukan? Maka dari itu, judul artikel wajib mampu merangkum isi artikel dalam sebuah kalimat yang menarik.

Membuat Judul Artikel Menarik

Teknik SHINE dalam Membuat Judul Artikel

Untuk dapat membuat judul artikel yang menarik, Anda bisa mencoba teknik SHINE.

  • Specificity = spesifik
  • Helpfulness = kemanfaatan
  • Immediacy = ketergesaan
  • Newsworthiness = berharga
  • Entertainment = menghibur

SPECIFICITY

Sebuah judul artikel harus mempunyai tujuan yang jelas dan spesifik mewakili isinya. Hal itu akan membuat orang-orang yang disebutkan atau dispesifikasikan dalam judul akan berkata “ini dia” ketika menemukan tulisan Anda. Pada intinya, judul harus mengarah khusus kepada siapa artikel itu ditujukan, tentunya dikemas dalam diksi yang unik.

Contoh:

“Anda yang Ingin Mengecilkan Perut? Ini Dia 5 Tips Rahasianya”

HELPFULNESS

Merupakan perwujudan isi artikel yang bermanfaat di dalam judul. Aspek manfaat adalah poin penting sebuah artikel. Manfaat tulisan untuk pembaca haruslah sebanding dengan waktu yang dihabiskan untuk membaca. Tuliskan kata-kata unik yang mengandung kebermanfaatan dari isi artikel Anda. Usahakan tidak terlalu panjang dan harus sejelas mungkin, karena kita tau bahwa judul artikel optimalnya 7 sampai 10 kata saja.

Contoh:

“XXX, Aplikasi Marketing Revolusioner Untuk Meroketkan Bisnis Anda”

IMMEDIACY

Immediacy adalah keadaan tergesa-gesa. Artinya, ketika pembaca merasa harus sesegera mungkin membaca artikel yang dibaca. Menarik saja tidak cukup, Anda sebaiknya memberikan judul yang mengesankan, membuat pembaca seolah-olah harus segera membacanya. Namun jangan sampai hanya clickbait. Untuk itu Anda mungkin perlu mengetahui cara menulis artikel berkualitas.

Contoh:

“Luangkan 5 Menit Untuk Membaca Ini, dan Hidup Anda Akan Berubah Selamanya”

“Diskon Gila Hanya Sampai Jam 5 Sore Ini, Berikut Syarat dan Ketentuannya”  

NEWSWORTHINESS

Newsworhtiness yaitu bobot atau kualitas artikel. Artikel yang anda tawarkan sudah semestinya menawarkan hal yang berbeda dari artikel lain yang sejenis. Jika mungkin, tampilkan hal-hal yang sekiranya belum pernah dibaca orang sebelumnya. Apabila bukan hal yang baru, Anda cobalah untuk menyampaikannya dengan cara yang berbeda.

ENTERTAINMENT

Entertainment adalah unsur hiburan pada artikel yang Anda berikan kepada pembaca. Sisipkan unsur humor dalam judul artikel agar menggelitik para pembaca yang melihatnya. Memang harusnya sebuah artikel tidak hanya diberikan hal-hal bermanfaat, penting, dan serius saja, tetapi pembaca juga memerlukan hiburan yang mampu melepaskan diri dari kepenatan.

Contoh :

“Kisah Jenaka Abu Nawas yang Mengakali Hujan”

“Tidak Sadar Celana Robek Saat Mengajar”

Judul Artikel Hanya Pemanis, Isi adalah Raja

Perlu diingat, semenarik apapun judul artikel ia tidak bisa berdiri sendiri. Judul hanya sebagai kepala dari artikel yang membutuhkan unsur pendukung seperti isi, grafis artikel dan sebagainya. Akan tetapi, membuat judul artikel menarik menjadi sebuah keharusan karena bagian inilah hal yang pertama kali dilihat oleh pembaca.

Kontak Al-Ayaam Jasa Pembuatan Skripsi

Apapun itu, konten artikel akan diterima pebaca apabila Anda memberikan sesuatu yang berguna bagi mereka, sehingga mereka tertarik untuk terus membaca artikel yang Anda buat. Judul hanyalah pemanis, selain teknik SHINE masih banyak teknik lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat judul artikel yang menarik. Teruslah berlatih menulis untuk mengasah insting Anda dalam membuat judul dan konten artikel yang menarik.